cover
Contact Name
Megan Asri Humaira
Contact Email
didaktika.tauhidi@unida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
didaktika.tauhidi@unida.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
ISSN : 24424544     EISSN : 25500252     DOI : -
Didaktika Tauhidi:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is an Indonesian-language scientific periodicals published by the Faculty of Education twice times a year on every April and October with the submission process of manuscript is open throughout the year. All submitted manuscripts will go through the double-blind peer review and editorial review before being granted with acceptance for publication. Designed as a medium of information and scientific knowledge, Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar publishes research articles, in the area of Teaching and learning, Curriculum, Evaluation, Pedagogic of elementary school teacher, Learning innovation, Developmental psychology, Inclusive eductaion, Management of education, Guidance and counseling of elementary school teachers as well as with their development through interdisciplinary and multidisciplinary approach.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2020): Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar" : 6 Documents clear
Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran STAD dengan TSTS terhadap Keterampilan Sosial Muatan IPS Lestari, Dwi; Setyaningtyas, Eunice Widyanti
DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 1 (2020): Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.252 KB) | DOI: 10.30997/dt.v7i1.2659

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh signifikan antara model pembelajaran STAD dan TSTS terhadap keterampilan sosial muatan IPS kelas IV siswa SD. Keterampilan sosial siswa diukur dari aspek kenali diri, mengenal emosi, empati, simpati, berbagi, menolong, keterampilan bekerjasama, dan bersaing dengan indikator yang diamati yakni memiliki kesadaran akan dirinya sendiri, mengatur dan mengendalikan emosi, memiliki kepedulian, merasakan apa yang dirasakan orang lain, menghayati perasaan orang lain, memiliki sikap murah hati, membagi apa yang menjadi miliknya, membantu orang lain, menawarkan bantuan ke orang lain, saling menghargai, dan mengungguli orang lain. Jenis penelitian kuasi eksperimen (Quasi-Experimental Design). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan yakni statistik deskriptif dan inferensial. Hasil Uji beda rata-rata menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran STAD dan TSTS. Perbedaan signifikan dari penerapan dua model dapat dilihat pada rerata posttest keterampilan sosial dari kedua kelas. Kelas eksperimen STAD pada kelas IV memiliki rata-rata lebih tinggi sebesar 7,78 dibanding kelas kontrol TSTS. Hasil uji Independent Samples T-test menunjukkan nilai sig (2-tailed) keterampilan sosial antara STAD dan TSTS = 0,000 < 0,05, jadi Ho ditolak dan Ha diterima.Kata Kunci: STAD, TSTS, Keterampilan Sosial, IPS.
Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Menerapkan TIK Dalam Proses Pembelajaran Melalui in House Training Caswita, Caswita
DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 1 (2020): Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.568 KB) | DOI: 10.30997/dt.v7i1.2342

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh lemahnya guru dalam penerapan TIK pada proses pembelajaran di kelas. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi pada rencana pembelajaran guru tidak pernah mencantumkan media pembelajaran yang berbasis TIK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan TIK dalam proses pembelajaran melalui in house training. Dipilihnya in house training sebagai upaya peningkatan kompetensi guru karena segi waktu tidak mengganggu tugas utama guru dan dari segi biaya tidak memerlukan biaya banyak, karena dilaksankaan di internal sekolah. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan perbaikan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan TIK Melalui in house training pada guru di SDN Saguling Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Penilaian melalui rubrik observasi in house training pada siklus 1 baru 30 % siap mengikuti kegiatan, sehingga masuk pada katagori kurang, dan hasil penilaian pada siklus kedua yang mencapai nilai 80%, berada pada katagori sangat baik. Sedangkan aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus kedua lebih baik dari pada pada saat siklus kesatu. Dimana hasil akhir yang diperoleh peningkatan komptensi guru dalam menerapkan TIK pada proses pembelajaran dengan prosentase naik 40 % adanya peningkatan.
Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia Sya, Mega Febriani; Helmanto, Fachri
DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 1 (2020): Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.729 KB) | DOI: 10.30997/dt.v7i1.2348

Abstract

Sejumlah media mencatat pemberitaan peniadaan pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar negeri Indonesia. Sementara, pembelajaran Bahasa inggris masih sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana fokus pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah para guru kelas/wali kelas/kepala sekolah SD di Indonesia. Data dikumpulkan dengan Teknik convenience sampling melalui penyebaran angket yang berbasis digital dan disebarluaskan melalui sosial media. Hasil penelitian ini mengungkap 84% SD masih mengadakan pembelajaran Bahasa Inggris. 72% dari 84% SD memfokuskan pembelajaran Bahasa Inggris pada materi gramatika. Penelitian ini dibatasi dengan cakupan wilayah yang terjangkau koneksi internet dan responden yang memiliki smartphone. Penelitian berikutnya diharapkan mampu menjangkau lebih banyak responden di wilayah Indonesia dan/atau memfokuskan pada bahan ajar maupun efektivitas penilaian.
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD Prasetyo, Fajar; Kristin, Firosalia
DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 1 (2020): Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/dt.v7i1.2645

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning dan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest-posttest control grup design. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5A dan 5B SD Negeri Suruh 01. Kelas 5A dengan jumlah 24 siswa merupakan kelas eksperimen dan kelas 5B dengan jumlah 23 siswa merupakan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan pretest-posttest soal dan lembar observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial parametrik dengan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil nilai pretest thitung (0,826) > ttabel (0,05) dan hasil posttest observasi thitung (0,689) > ttabel (0,05) menunjukkan tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil nilai posttest thitung (0,033) < ttabel (0,05) dan hasil posttest observasi thitung (0,006) < ttabel (0,05) menunjukkan ada perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD.
Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Kurniawati, Risma Tri; Koeswanti, Henny Dewi
DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 1 (2020): Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (560.198 KB) | DOI: 10.30997/dt.v7i1.2634

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media buku cerita bergambar guna meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tes kemampuan membaca. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Reseach and  Development (R&D). Guna melihat efektivitas media menggunakan eskperimen, sehingga teknik analisis data menggunakan uji deskriptif statistik dan uji T. Berdasarkan uji descriptive statistics diperoleh rata-rata kemampuan pretest siswa sebesar 72,68 dengan nilai minimal  59 dan nilai maksimal 94, sedangkan rata-rata kemampuan membaca  siswa ketika sudah dilakukan tindakan atau posttest sebesar 85,29 dengan nilai minimal 76 dan nilai maksimal 100, sehingga rata-rata pretest dan posttest meningkat 23,3%, persentase selisih nilai minimal sebesar 0,17%, presentase selisih nilai maksimal sebesar 0,06 %. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan menggunakan Paired Sample Test menunjukkan bahwa Sig. 2 (tailed) sama dengan 0,000 atau kurang dari 0,05, yang artinya hasil pretest dan posttest terdapat perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat dikatakan bahwa media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Implikasi dari penelitian ini untuk menjadi acuan penelitian selanjutnya.
Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar: Dampak Model Project Based Learning Model Komarudin, Komarudin; Puspita, Laila; Suherman, Suherman; Fauziyyah, Isya
DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 1 (2020): Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.097 KB) | DOI: 10.30997/dt.v7i1.1898

Abstract

The study aims to determine the influence of the PjBL model in understanding the mathematical concepts of elementary school students. The study involved two classes, one class as an experimental class given the PjBL model treatment and one class as an untreated control class with the PjBL learning model. The design of this study uses Posttest-Only Control Designe. Data collection using test techniques. Test techniques are conducted to obtain data about understanding the mathematical concept of students. Data analysis is done using Paired Sample . Based on data analysis and discussion it is known that  to 1.71387. In accordance with the interpretation of , the hypothesis was received if the  > , with the result 4.13 > 1.71387 then  rejected. It can be concluded that understanding the concept of learners that are taught with the PjBL model is higher compared to the average understanding of students' concepts that do not use the PjBL model, so it can be concluded that there are Positive influence on the use of PjBL model to understand the concept of students of elementary school in Pesis district.

Page 1 of 1 | Total Record : 6